Sanghyang Heuleut

 Sanghyang Heuleut

Gambar Sanghyang Heuleut

Tempat wisata alam di Cipatat Bandung Barat ini adalah kolam alami yang terpencil dengan air kobalt, dapat di akses dengan jalur pendakian di ngarai sempit akan bebatuan. Pesona wisata di Bandung Barat memang seolah tidak ada habisnya, kota yang memiliki banyak qoria berbakat ini di anugrahi dengan pemandangan alam yang hijau.

Ditambah dengan udaranya yang sejuk, seolah menjadikan tempat ini rekomendasi bagi mereka untuk melepas penat dan bersantai.

Gambar Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut merupakan sebuah danau yang mengalir di atas arus sungai Citarum Purba. Salah satu danau purba yang susunan bebatuannya bisa dilihat secara langsung. Uniknya lagi, banyak warga yang percaya bila tempat ini dipakai untuk mandinya para bidadari. Seperti rakyat yang berkembang di tanah sunda

Arti dari Sanghyang Heuleut sendiri terdiri dari dua kata yaitu, Sanghyang berarti tempat suci. Kemudian, Heuleut artinya selang atau waktu 

Ada sekitar 3 Sanghyang yang bisa kamu nikmati di tempat ini, ketiganya memiliki pesona dan fungsi yang berbeda beda. Selain Sanghyang Heuleut, masih ada Sanghyang Tikoro. Dimana Tikoro mempunyai arti sebagai Kerongkongan.

Nama Tikoro atau Kerongkongan memang tidak berlebihan. Karena, arus air ini masuk kedalam sebuah tempat yang gelap. Seperti sebuah kerongkongan, lebih tepatnya seperti sebuah goa yang menarik untuk dijelajahi. 

Kemudian yang terakhir adalah Sanghyang Poek. Goa purbakala di Bandung yang memiliki pesona aduhai didalamnya. Goa ini menyerupai sebuah celah dan terhimpit tebing yang cukup tinggi. Aliran sungai menuju ke goa ini cenderung tenang dan stabil. Dan didalamnya di hiasai banyak bebatuan besar, untuk menuju ke sana kamu akan dibuat penasaran dengan penampakan dari Goa yang dimaksud.

Tracknya yang menyenangkan membuat banyak para pengunjung yang menyempatkan waktu untuk masuk ke dalam goa. Tetapi, harus sangat berhati-hati dan tetap menyesuaikan dengan kondisi jalan karena, kondisi bebatuan yang miring dan berdiri. Sehingga, sedikit menyulitkan kamu untuk menuju ke sana.

Gambar Sanghyang Heuleut

Lokasi Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heulut berlokasi di Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Letaknya tak begitu jauh dari PLTA saguling. Namun untuk bisa sampai kesana kamu membutuhkan kondisi tubuh yang prima.

Sebab medannya cukup curam dan didominasi bebatuan. Apabila hujan turun, bebatuan ini akan terasa sangat licin. Karena itu, akan lebih baik jika kamu datang pada musim kemarau.

Bukan hanya karena medannya akan jadi lebih mudah karena tidak becek dan berair, tetapi juga karena air danau juga akan terlihat lebih jernih. Karena ketika musim hujan, air danau berubah menjadi kecoklatan.

Harga Tiket Masuk & Jam Operasional Sanghyang Heuleut


Sanghyang Heuleut buka dapat pukul:
  • 08:00 - 16:00 setiap Senin - Jum'at 
  • 07:00 - 17:00 Sabtu - Minggu 

Sahabat Curug Hunter tempat wisata ini bisa kamu nikmati dari pagi hingga sore hari berdasarkan jam operasional yang sudah ditentukan oleh para pengelola 

Untuk masuk kesini kamu hanya cukup membayar Rp 20.000/per orang saja. 
Sementara untuk tarif parkir kendaraan roda dua Rp 5.000  & Roda empat Rp 10.000 

Sahabat Curug Hunter saat ini objek wisata Sanghyang Heuleut memang belum dikelola secara resmi oleh pemerintah. Saat ini pengelolaanya dilakukan secara swadaya oleh warga lokal, salah satunya dengan adanya tarif tiket masuk tempat wisata yang satu ini.

Gambar Sanghyang Heuleut

See you & Selamat berlibur

Post a Comment for "Sanghyang Heuleut"